Minggu, 08 Desember 2013

Model Pendekatan Ilmiah Scientific Approach Pada Implementasi Kurikulum 2013

Model Pendekatan Ilmiah Scientific Approach Pada Implementasi Kurikulum2013 - Kurikulum 2013mengamanatkan esensi pendekatan ilmiah dalam pembelajaran. Pendekatan ilmiah (scientific approach, saintifik) diyakini sebagai titian emas perkembangan dan pengembangan sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didik. Pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah itu lebih efektif hasilnya dibandingkan dengan pembelajaran tradidional. Hasil penelitian membuktikan bahwa pada pembelajaran tradisional, retensi informasi dari guru sebesar 10 persen setelah lima belas menit dan perolehan pemahaman kontekstual sebesar 25 persen. Pada pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah, retensi informasi dari guru sebesar lebih dari 90 persen setelah dua hari dan perolehan pemahaman kontekstual sebesar 50-70 persen. Proses pembelajaran harus dipandu dengan kaidah-kaidah pendekatan ilmiah. Pendekatan ini bercirikan penonjolan dimensi pengamatan, penalaran, penemuan, pengabsahan, dan penjelasan tentang suatu kebenaran.    

scientific approach


Proses pembelajaran harus dilaksanakan dengan dipandu nilai-nilai, prinsip-prinsip, atau kriteria ilmiah. Proses pembelajaran disebut ilmiah jika memenuhi kriteria seperti berikut ini:
1.        Substansi atau materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata.
2.   Penjelasan guru, respon peserta didik, dan interaksi edukatif guru-peserta didik terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis.
3.  Mendorong dan menginspirasi peserta didik berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan substansi atau materi pembelajaran.
4.    Mendorong dan menginspirasi peserta didik mampu berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari substansi atau materi pembelajaran.
5.        Mendorong dan menginspirasi peserta didik mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon substansi atau materi pembelajaran.
6.         Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat
dipertanggungjawabkan.
7.        Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya.


Langkah-Langkah Pembelajaran Dengan Pendekatan Ilmiah

Proses pembelajaran pada Kurikulum 2013 harus menyentuh tiga ranah, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dalam proses pembelajaran berbasis pendekatan ilmiah, ranah sikap menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu mengapa.” Ranah keterampilan  menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu bagaimana”. Ranah pengetahuan menggamit transformasi substansi atau materi ajar agar peserta didik “tahu apa.” Hasil akhirnya adalah peningkatan dan keseimbangan antara kemampuan untuk menjadi manusia yang baik(soft skills) dan manusia yang memiliki kecakapan dan pengetahuan untuk hidup secara layak (hard skills) dari peserta didik yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan.

saintifik

Kurikulum 2013 menekankan pada dimensi pedagogik modern dalam pembelajaran, yaitu menggunakan pendekatan ilmiah.  Pendekatan ilmiah (scientific appoach) dalam pembelajaran sebagaimana dimaksud meliputi mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta untuk semua mata pelajaran. Untuk mata pelajaran, materi, atau situasi  tertentu, sangat mungkin pendekatan ilmiah ini tidak selalu tepat diaplikasikan secara prosedural. Pada kondisi seperti ini, tentu saja proses pembelajaran harus tetap menerapkan nilai-nilai atau sifat-sifat ilmiah dan menghindari nilai-nilai atau sifat-sifat nonilmiah. Pendekatan ilmiah pembelajaran disajikan berikut ini.

1.         Mengamati
Metode mengamati mengutamakan kebermaknaan proses pembelajaran (meaningfull learning). Metode ini memiliki keunggulan  tertentu, seperti menyajikan media obyek secara nyata, peserta didik senang dan tertantang, dan mudah pelaksanaannya. Tentu saja kegiatan mengamati dalam rangka pembelajaran ini biasanya memerlukan waktu persiapan yang lama dan matang, biaya dan tenaga relatif banyak, dan jika tidak terkendali akan mengaburkan makna serta tujuan pembelajaran.
2.         Menanya
Guru yang efektif mampu menginspirasi peserta didik untuk meningkatkan dan mengembangkan ranah sikap, keterampilan, dan pengetahuannya. Pada saat guru bertanya, pada saat itu pula dia membimbing atau memandu peserta didiknya belajar dengan baik. Ketika guru menjawab pertanyaan peserta didiknya, ketika itu pula dia mendorong asuhannya itu untuk menjadi penyimak dan pembelajar yang baik.
Berbeda dengan penugasan yang menginginkan tindakan nyata, pertanyaan dimaksudkan untuk memperoleh tanggapan verbal. Istilah “pertanyaan” tidak selalu dalam bentuk “kalimat tanya”, melainkan juga dapat dalam bentuk pernyataan, asalkan keduanya menginginkan tanggapan verbal. Bentuk pertanyaan, misalnya: Apakah ciri-ciri kalimat yang efektif? Bentuk pernyataan, misalnya: Sebutkan ciri-ciri kalimat efektif!
3.         Menalar
Istilah “menalar” dalam kerangka proses pembelajaran dengan pendekatan ilmiah yang dianut dalam Kurikulum 2013 untuk menggambarkan bahwa guru dan peserta didik merupakan pelaku aktif. Titik tekannya tentu dalam banyak hal dan situasi peserta didik harus lebih aktif daripada guru. Penalaran adalah proses berfikir yang logis dan sistematis atas fakta-kata empiris yang dapat diobservasi untuk memperoleh simpulan berupa pengetahuan.  Penalaran dimaksud merupakan penalaran ilmiah, meski penakaran nonilmiah tidak selalu tidak bermanfaat.
4.         Mencoba
Untuk memperoleh hasil belajar yang nyata atau otentik, peserta didik harus mencoba atau melakukan percobaan, terutama untuk materi atau substansi yang sesuai. Pada mata pelajaran IPA, misalnya,peserta didik harus memahami konsep-konsep IPA dan kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Peserta didik pun harus memiliki keterampilan proses untuk mengembangkan pengetahuan tentang alam sekitar, serta mampu menggunakan metode ilmiah dan bersikap ilmiah untuk memecahkan masalah-masalah yang dihadapinya sehari-hari.
5.         Jejaring Pembelajaran atau Pembelajaran Kolaboratif
Apa yang dimaksud dengan pembelajaran kolaboratif? Pembelajaran kolaboratif merupakan suatu filsafat personal, lebih dari sekadar sekadar teknik pembelajaran di kelas-kelas sekolah. Kolaborasi esensinya merupakan filsafat interaksi dan gaya hidup manusia yang menempatkan dan memaknaikerjasama sebagai struktur interaksi yang dirancang secara baik dan disengaja rupa untuk memudahkan usaha kolektif dalam rangka mencapai tujuan bersama. Pada pembelajaran kolaboratif kewenangan guru fungsi guru lebih bersifat direktif atau manajer belajar, sebaliknya, peserta didiklah yang harus lebih aktif. Jika  pembelajaran kolaboratif diposisikan sebagai satu falsafah peribadi, maka ia menyentuh tentang identitas peserta didik terutama jika mereka berhubungan atau berinteraksi dengan yang lain atau guru. Dalam situasi kolaboratif itu, peserta didik berinteraksi dengan empati, saling menghormati, dan menerima kekurangan atau kelebihan masing-masing. Dengan cara semacam ini akan tumbuh rasa aman, sehingga memungkin peserta didik menghadapi aneka perubahan dan tntutan belajar secara bersama-sama.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Model PendekatanIlmiah Scientific Approach Pada Implementasi Kurikulum 2013 yang perlu kita ketahui bersama dalam rangka melaksanakan kurikulum 2013 nantinya.

Lowongan Kerja PNS, Pengumuman Seleksi Jabatan Eselon II.a Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah RI (LKPP) - Desember 2013

REPUBLIK INDONESIA

PENGUMUMAN SELEKSI  JABATAN ESELON II.a LKPP
Nomor : 5664/SES/12/2013

LKPP adalah lembaga pemerintah non kementerian yang bertujuan untuk mewujudkan pengadaan barang/jasa pemerintah yang lebih efektif dan efisien serta mengutamakan penerapan prinsip - prinsip persaingan usaha yang sehat, transparan, terbuka dan perlakuan yang adil bagi semua pihak.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut diperlukan dukungan SDM LKPP yang mampu merencanakan, mengembangkan dan menyusun strategi, menyusun kebijakan serta aturan perundangan pengadaan barang/jasa Pemerintah yang sesuai dengan tuntutan perkembangan lingkungan  internal maupun eksternal secara berkelanjutan, berkala, terpadu, terarah dan terkoordinasi.

Lowongan Kerja PNS, Pengumuman Seleksi Jabatan Eselon II.a Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah RI (LKPP) - Desember 2013
Selanjutnya LKPP mengundang  PNS pusat dan daerah yang memiliki integritas, kemampuan berpikir strategik, kemampuan mengelola perubahan, kemampuan bekerja sama,  dan memiliki komitmen untuk bergabung di LKPP. PNS yang berminat dapat mendaftarkan diri mengikuti seleksi calon pejabat eselon II LKPP, dengan ketentuan sebagai berikut,

  1. Berstatus Pegawai Negeri Sipil;
  2. Sekurang - kurangnya memiliki pangkat Pembina Tk.I (IV/b);
  3. Memiliki kualifikasi pendidikan minimal magister/pasca sarjana (S2) yang terakreditasi A bagi Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan terakreditasi oleh Dikti bagi Perguruan Tinggi Luar Negeri, nilai tambah bagi yang memiliki kualifikasi pendidikan Doktor (S3);
  4. Semua unsur penilaian prestasi kerja sekurang - kurangnya bernilai baik dalam 2 (dua) tahun terakhir;
  5. Sehat jasmani dan rohani, dibuktikan dengan hasil pemeriksaan kesehatan;  
  6. Bagi pejabat eselon III.a sekurang - kurangnya telah 2 (dua) tahun dalam jabatan eselon III.a;
  7. Tidak sedang menjalani hukuman disiplin tingkat sedang atau berat, dibuktikan dengan surat pernyataan oleh eselon II yang membidangi kepegawaian;
  8. Telah menyerahkan SPT Tahunan;
  9. Telah menyerahkan LHKPN bagi pejabat eselon II;
  10. Memiliki nilai Tes Potensi Akademis (TPA) /setara minimal 550 dari hasil tes dalam 2 (dua) tahun terakhir;
  11. Memiliki nilai TOEFL/setara minimal 525 dari hasil tes dalam 2 (dua) tahun terakhir; 
  12. Diutamakan bagi yang memiliki sertifikasi ahli pengadaan barang/jasa pemerintah;
  13. Memiliki kompetensi jabatan yang diperlukan;
  14. Mendapatkan persetujuan dari Pejabat Pembina Kepegawaian/Pejabat yang diberi delegasi wewenang, untuk mengikuti seleksi dan pindah instansi/dipekerjakan apabila dinyatakan lulus seleksi oleh LKPP.

Tahapan Seleksi:
  1. Seleksi Administrasi;
  2. Asesmen Kompetensi;
  3. Presentasi dan Wawancara;
  4. Klarifikasi dan Pembuktian ketentuan/persyaratan administrasi.
Pendaftaran:
  1. Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir persetujuan dan daftar riwayat hidup yang dapat di download pada website www.lkpp.go.id;
  2. Formulir persetujuan dan daftar riwayat hidup yang telah diisi dan ditandatangani disampaikan melalui email  rekrutmen@lkpp.go.id. paling lambat 31 Desember 2013.
Download Formulir Persetujuan dan Daftar Riwayat Hidup, Klik Disini
Sumber Lowongan Kerja PNS, Pengumuman Seleksi Jabatan Eselon II.a Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah RI (LKPP) - Desember 2013

Lowongan Kerja di PT Bank Mandiri Persero Tbk, Cabang Lampung - November 2013

PT Bank Mandiri Persero Tbk adalah salah satu Bank yang terbesar di Indonesia yang menguasai lebih dari 23% pasar perbankan di Indonesia. Sebagai Bank Mandiri berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia. Bank Mandiri menjadi penerus suatu tradisi layanan jasa perbankan dan keuangan yang telah berpengalaman selama lebih dari 140 tahun. Bank Mandiri mewarisi sembilan sistem perbankan dari keempat legacy bank. Berdasarkan sektor usaha, nasabah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk bergerak di bidang usaha yang sangat beragam khususnya makanan dan minuman, pertanian, konstruksi, kimia dan tekstil. Bank Mandiri mempunyai sekitar 2.500 ATM dan tiga anak perusahaan utama yaitu Bank Syariah Mandiri, Mandiri Sekuritas, dan AXA Mandiri.

Bank Mandiri bersama Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI) dan Kementerian Perdagangan mendorong para eksportir untuk memasarkan produknya ke pasar-pasar non tradisional. Bank Mandiri tercatat hingga 40,8 miliar dolar AS dan untuk transaksi impor, Bank Mandiri telah mencapai angka 42,5 miliar dolar AS atau tumbuh sebesar 31%. Bank Mandiri kembali membuka Lowongan Kerja Bank dengan kualifikasi sebagai berikut:

Marketing Kartu Kredit (Task Force)
Persyaratan:

  1. Pria / Wanita;
  2. Pendidikan Minimal SMA
  3. Siap bekerja sama dalam team;
  4. Mampu berkomunikasi dengan baik
  5. Berpenampilan menarik dan simpatik
  6. Berorientasi pada target penjualan
  7. Mengerti tentang kartu kredit lebih diutamakan
  8. Di tempatkan di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Lampung
Card Acquisition Representative (CAR)
Persyaratan:
  1. Wanita
  2. Pendidikan Minimal D3
  3. Usia Maksimal 25 tahun
  4. Siap bekerja sama dalam team
  5. Mampu berkomunikasi dengan baik
  6. Berpenampilan menarik dan simpatik
  7. Berorientasi pada target penjualan
  8. Mengerti tentang kartu kredit lebih diutamakan
  9. Di tempatkan di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Bandar Lampung
Bagi yang tertarik dengan PT Bank Mandiri Persero Tbk, Cabang Lampung, segera kirimkan lamaran dan CV anda dengan mencantumkan kode posisi di pojok kiri atas amplop sebelum 06 Desember 2013 ke alamat di bawah ini:

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
Area Lampung Lantai 2
Regional Card Center (RCC)
JI Laksamana Malahayati No. 3
Bandar Lampung — 35221
Up. Tomi / Adil Arianto

Untuk informasi selengkapnya, silakan menuju laman;
Klik Disini
Sumber Lowongan Kerja

Lowongan Kerja Bank DKI, D3, S1 dan S2, Teller, Customer Services dan Administrasi - Desember 2013

Lowongan Kerja Bank DKI, D3, S1 dan S2, Teller, Customer Services dan Administrasi - Desember 2013 - Bank DKI yang berkantor pusat di Jakarta sedang mengembangkan jaringan bisnis ke berbagai kota besar dan memiliki komitmen untuk selalu membantu masyarakat, mengundang putra putri serta para profesional di bidang perbankan yang memiliki kompetensi, semangat, integritas tinggi untuk bergabung dengan kami guna mewujudkan Bank DKI menjadi Bank terbaik yang membanggakan sebagai :
  1. Pemimpin Cabang (Code : PC)
  2. Pemimpin Seksi/Supervisor (Code : PS)
  3. Analis Kredit/Pemasaran (Code : AK)
  4. Customer Services (Code : SC) and Administrasi (Code : ADM)
  5. Teller (Code : TL)
Pemimpin Cabang (Code : PC)
Persyaratan
  • Min S1, S2 Diutamakan
  • Max 45 tahun usia
  • Memahami karakteristik pasar di daerah Solo
  • Min 3 tahun pengalaman bekerja di posisi yang sama
  • Min 6 tahun pengalaman bekerja di Industri Perbankan
  • Berpengalaman dalam mengawasi min 20 staf
  • Memiliki pemecahan masalah yang baik dan kemampuan analisis
  • Memiliki interpersonal yang baik dan kemampuan komunikasi
Pemimpin Seksi / Supervisor (Kode: PS)
Persyaratan
  • Min S1
  • Max 35 tahun usia
  • Min 2 tahun pengalaman bekerja sebagai posisi yang sama
  • Min 4 tahun pengalaman bekerja di Industri Perbankan
Analis Kredit / Pemasaran (Kode: AK)
Persyaratan
  • Min S1
  • Max 35 tahun usia
  • Min 3 tahun pengalaman bekerja di perbankan korporasi dan komersial, konsumer dan perbankan ritel
  • Memahami karakteristik pasar di daerah Solo
  • Memiliki pengalaman yang baik dalam analis kredit
  • Pemahaman dalam proses kredit yang sistematis dan prudent
  • Pemahaman dalam risiko kredit sebagai segmen di pasar industri, ekspor perdagangan impor
Customer Services (Code : SC) and Administrasi (Code : ADM)
Persyaratan
  • Min S1 dengan IPK min 3,00
  • Berpengalaman sebagai CS dan Administrasi
  • Max 27 tahun dan belum menikah usia
Teller (Kode: TL)
Persyaratan
  • Min D3 dengan IPK min 3,00
  • Max 23 tahun usia, belum menikah
  • Berpengalaman sebagai Teller
Persyaratan Umum
Lowongan Kerja Bank DKI, D3, S1 dan S2, Teller, Customer Services dan Administrasi - Desember 2013
  • Min S1 dari universitas terkemuka, diutamakan jurusan Akuntansi Perbankan,, Manajemen, Matematika, Statistik, Teknik Industri, Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Hukum, Ilmu Komputer, Komunikasi, Humas, Syariah (Kode: CS, ADM)
  • Baik tampan dan baik kepribadian
  • Tinggi min 160 cm (wanita) dan 165 cm (pria) dengan berat badan proporsional (Kode: CS, ADM, Teller)
  • Berorientasi pelanggan
  • Sebaiknya fasih berbahasa Inggris
  • Tidak sedang dalam proses pengadilan atau terlibat dalam proses hukum (pidana dan atau perdata)
Bagi yang berminat, silakan mengirimkan surat lamaran lengkap dengan kode lamaran pada sudut kiri atas amplop dan ditujukan ke alamat :

Biro Konsultasi dan Pemeriksaan Psikologis – Universitas Muhammadiyah Surakarta
(BKPP Universitas Muhammadiyah Surakjarat)
Jl. Ahmad Yani Tromol Pos 1 Pabelan – Kartasura Surakarta 57122)
Catatan:

Lowongan kerja Bank BNI syariah terbaru desember 2013

BNI syariah
LOWONGAN KERJA BANK 2013 - Bank BNI syariah adalah perbankan komersial dengan memberikan pelayanan dengan azas syariah. Lembaga ini beroperasi layaknya perbankan berlandaskan adil, transparan dan maslahat. Perseroan merupakan bagian dari bank negara indonesia dengan status anak perusahaan kemudian sejak tahun 2010 berubah menjadi unit syariah. Dalam meningkatkan ekonomi financial serta banyaknya permintaan jasa keuangan, BNI sayariah memberikan solusi terpercaya bagi masyarakat indonesia untuk mengembankan nilai-nilai positif untuk manajemen perbankan.

BNI Syariah mengembangkan banyak inovasi produk serta menumbuhkan banyak keuntungan bersama terhadap nasabah maupun para usahawan yang ingin membuka usaha dengan pinjaman kredit. Dengan bermodalkan aset dan tata manajemen teratur, BNI Syariah mampu mengembangkan unit operasionalnya keberbagai daerah tanah air. Saat ini perseroan sudah memiliki kantor cabang sebanyak 64 unit dan 161 Kantor Cabang Pembantu serta unit operasional lainnya yang tersebar diberbagai kota-kota besar indonesia.

Menjadi perbankan yang terpercaya serta prioritas masyarakat merupakan satu visi dan misi yang selalu ditanamkan. Dengan menambah kualitas sumber daya manusia mampu meningkatkan pelayanan secara efektif dan efesien, Untuk itu BNI syariah mengundang putra-putri indonesia yang sedang membutuhkan pekerjaan untuk berpartipasi dalam lowongan kerja terbaru perbankan berikut ini

Lowongan kerja Bank BNI syariah
Sales Officer
  1. Berjenis kelamin laki-laki atau wanita
  2. Peserta maksimal umur 35 tahun
  3. Calon kandidat lulusan sarjana dengan minimal 2.75
  4. Calon kandidat berpengalaman 3 tahun diperbankan
  5. Calon kandidat Bisa memasarkan produk
  6. Calon kandidat bisa menggunakan komputer
  7. Calon kandidat Punya jiwa kepemimpinan
  8. Bisa bekerja dengan target
  9. Calon kandidat Suka dengan tantangan, kreatif dan berdedikasi tinggi
Sales Asisten Dana
  1. Pelamar laki-laki atau wanita
  2. Pelamar maksimal umur 23 tahun
  3. Pelamar Berstatus single
  4. Pelamar lulusan sarjana dengan minimal 2.75
  5. Pelamar berpengalaman diperbankan
  6. Pelamar Bisa memasarkan produk
  7. Pelamar bisa menggunakan komputer
  8. Punya jiwa kepemimpinan
  9. Bisa bekerja dengan target
  10. Pelamar Suka dengan tantangan, kreatif dan berdedikasi tinggi
Penutupan lowongan tanggal 14 desember 2013

Jika kawan-kawan suka dengan salah satu posisi jabatan yang disediakan perbankan silakan kirimkan aplikasi lamaran anda melalui alamat PT Bank BNI Syariah, kancab surabaya jalan bukit darmo boulevard No 8A-8B surabaya 60189 sebelum batas waktu yang telah ditentukan.
Untuk keterangan lowongan lengkap di sumber

Notes : Ingin lulus seleksi di perbankan?? pelajarin disini

Itulah lowongan kerja terbaru dari Bank BNI syariah semoga sangat berguna untuk kamu yang belum mendapatkan pekerjaan, Kami berharap anda lulus dalam seleski dan silakan like g+1 dibawah untuk membantu kami dalam mengembangkan blog sederhana ini. Gbu